Jamaah Fatahillah



Terbentuknya generasi Ulil Albab yang bervisi pada keumatan dan bercorak akademika.
Intregritas pemahaman  terhadap Dinul Islam secara menyeluruh (kaffah), berwawasan luas, peduli terhadap kemaslahatan umat.



Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. Al Qashash ayat 77


ILUSTRASI

Matahari kebangkitan islam telah terbit sinarnya menyemburat perlahan namun pasti menerbarkan energi semangat baru. Semangat untuk menyuburkan ladang ladang iman yang kering. Semangat yang memperbaiki parit parit akhlak yang mulai tersumbat. Aliran semangat itupun membasahi medan medan kampus. Maka lahirlah Jama’ah Fatahillah akibat gelombang semangat da’wah. Menyamai benih benih yang akan bermunculan tumbuh dan dewasa menggoreskan peradaban baru kampus islam yang sejuk. 



MUKADIMMAH

Maha suci Allah dan dengan memuji-Nya, sejumlah makhluk makhluknya, dan sebanyak  tinta bagi kata katanya . Aku bersaksi tiada tuhan  melainkan engkau, kami mohon ampun dan bertaubat kepada Mu, shalawat serta salam semoga selalu mengalir kepada nabi Muhammad saw. Dakwah adalah sebuah proses panjang penyadaran atas potensi fitrah manusia. Dakwah juga merupakan suatu kewajiban  kita seorang muslim yang tak akan berhenti hingga akhir hayat. Bersyukurlah, ketika kita berada dijalan dakwah, karena sesungguhnya kita sedang memperjuangkan dien Allah. Seperti sabda Rasulullah SAW:

"Barangsiapa yang mati, sedangkan ia tidak berjuang atau minimal punya niat untuk berjuang, maka ia mati dalam keadaan mati jahiliyyah".  

Sebuah dakwah hanya bisa dilalui oleh orang orang yang luar biasa yaitu orang orang yang memiliki kekuatan sabar dan istiqomah serta memiliki jiwa kesanggupan dan kedisiplinan dalam menegakkan kalimat Allah.

SEJARAH BERDIRINYA JAMAAH FATAHILLAH

Dalam sebuah kampus yang berbasis syariah, tentunya membutuhkan civitas kampus yang syariah juga, khususnya mahasiswa dan pada umumnya civitas akademika. Jadi, bukan hanya sekedar syariah branding tetapi civitas kampusnya juga benar-benar menggambarkan pribadi yang syar'i yang sesuai dengan tuntutan syariah. Hal ini menimbulkan ide ide pembaharuan guna meningkatkan nilai kerohanian, terutama di IBS STEI Yogyakarta. Sehingga berdirilah unit kegiatan mahasiswa Lembaga Dakwah kampus Jamaa'ah Fatahillah (UKM JAFA). Jafa atau Jama'ah Fatahillah merupakan lembaga Dakwah Kampus yang didirikan pada tanggal 10 November 1998 M / 21 sya;ban 1419 H. Jamaah Fatahillah didirikan dan diketuai pertama kali oleh Sdr. Asep Sudirman (Personil Nasyid Acapela Justice Voice) .

ILUSTRASI

Matahari kebangkitan islam telah terbit sinarnya menyemburat perlahan namun pasti menerbarkan energi semangat baru. Semangat untuk menyuburkan ladang ladang iman yang kering. Semangat yang memperbaiki parit parit akhlak yang mulai tersumbat. Aliran semangat itupun membasahi medan medan kampus. Maka lahirlah Jama'ah Fatahillah akibat gelombang semangat da'wah. Menyamai benih benih yang akan bermunculan tumbuh dan dewasa menggoreskan peradaban baru kampus islam yang sejuk. 

KEGIATAN

Pengenalan jafa di ok ekspo 
Melaksankan dauroh dakwah kampus 1x dan dilaksanakan diluar kampus.
Melaksanakan bakti sosial .
Menyelenggarakan festifal jafa.
Mengaktifkan kembali segala aktifitas mushola.
Mengadakan Kajian rutin.
untuk mencapai tujuan besar tersebut, kami mengadakan kegiatan kegiatan baik itu bersifat   rutin maupun sewaktu waktu meliputi :          
Kokoh pribadi                             : Mentoring, Training, dan lain lain
Kokoh struktur/ Oranisasi     : Rihlah/ tadabbur alam, kajian umum, kajian keputrian, Dauroh pengurus, silaturahmi (FSLDK, ORMAS)  temu alumni JAFA
Sosial keummatan                   : Mading

©2022 STEI Yogyakarta.