VISI

Program Studi Manajemen Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta dalam menetapkan visi dan misinya didasari dari hasil analisis eksternal dan internal Program Studi Manajemen Perbankan Syariah dan mengacu pada visi dan misi Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta. Selain itu, juga mengacu pada Statuta Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta dan Rencana Induk Pengembangan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta.

Visi Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta yaitu: Menjadi Lembaga Pendidikan Keuangan dan Perbankan Syariah yang berpengaruh di tingkat nasional melalui alumni yang profesional, yang dijabarkan dalam misi, meliputi:

  1. Membentuk pribadi alumni yang memiliki sifat : Siddiq, Istiqomah, Fathonah, Amanah dan Tabligh (SIFAT).
  2. Menyelenggarakan pendidikan bidang keuangan dan perbankan syariah yang terintegrasi dan sesuai dengan standar mutu pendidikan.
  3. Terselenggaranya proses pembelajaran bidang keuangan dan perbankan syariah yang berimbang antara teori dan praktik.
  4. Mengembangkan penelitian-penelitian dalam bidang keuangan dan perbankan syariah.
  5. Mengembangkan teori-teori baru yang berkaitan dengan bidang keuangan dan perbankan syariah.
  6. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai ekonomi Islam khususnya bidang keuangan dan perbankan syariah.
  7. Membangun kemitraan yang berkesinambungan dengan stakeholder.

Program Studi Manajemen Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta dalam menetapkan visi dan misinya didasari oleh hasil analisis internal dan eksternal. Forum diskusi intensif internal diikuti oleh staf dosen dan karyawan STEI Yogyakarta sedangkan pihak eksternal melibatkan pihak pengguna lulusan dan lembaga keuangan syariah yang ada. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan masukan dan rumusan. Selain itu, juga mengacu pada Statuta Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta dan Rencana Induk Pengembangan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Yogyakarta, serta tuntutan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat.

Visi lembaga tersebut diturunkan pada visi program studi Manajemen Perbankan Syariah. Visi dan misi inilah yang kemudian dijabarkan menjadi tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Berangkat dari tujuan tersebut kemudian dirumuskan sasaran-sasarannya. Dengan dirumuskannya sasaran tersebut akan rumuskan strategi pencapaiannya.

Membangun visi, misi, tujuan dan sasaran bukanlah hal yang mudah. Pihak STEI Yogyakarta harus memperhatikan hal-hal yang memempengaruhi dan dijadikan pertimbangannya. Oleh karena itu, perlu memperhatikan sumbang saran dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan STEI Yogyakarta atau stakeholder. Adapun pihak-pihak yang dilibatkan dalam membangun visi, misi, tujuan dan sasaran program studi manajemen perbankan syariah STEI Yogyakarta adalah dengan melibatkan pihak internal maupun eksternal. Pihak internal, meliputi: Yayasan, Pihak manajemen, dosen dan mahasiswa. Sedangkan pihak eksternal meliputi para pengguna lulusan STEI Yogyakarta, diantaranya para praktisi lembaga keuangan syariah (bank dan non bank syariah). Kemudian formulasi visi, misi dan tujuan Program Studi ini disosialisasikan kepada seluruh civitas akademika serta ditetapkan senat sebagai dasar setiap kegiatan yang dilakukan oleh sivitas akademika Program Studi di STEI Yogyakarta.

Visi Program Studi Manajemen Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta adalah: Menjadi program studi yang menyediakan sumberdaya manusia di bidang keuangan dan manajemen perbankan syariah yang profesional, terserap dalam lapangan kerja, dan mampu bersaing di tingkat nasional.


MISI

Misi Program Studi Manajemen Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang keuangan dan perbankan syariah melalui proses pembelajaran yang berkualitas dan efisien dalam rangka menghasilkan alumni yang profesional dan berakhlak mulia (Siddiq, Istiqomah, Fathonah, Amanah dan Tabligh).
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang manajemen, keuangan dan perbankan syariah yang komprehensif, kreatif dan inovatif, serta mengembangkan teori-teori baru yang berkaitan dengan bidang keuangan dan perbankan syariah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan nilai tambah bagi masyarakat sesuai dengan kompetensi bidang studi.

©2022 STEI Yogyakarta.